Susi Pudjiastuti (Foto: Katadata)
Susi Pudjiastuti (Foto: Katadata)

Video Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang marah-marah terhadap para menteri hingga kini masih menjadi perbincangan.  Banyak pihak yang turut memberikan tanggapan mengenai sikap presiden asal Solo, Jawa Tengah, itu.  

Kemarahan Jokowi tersebut disebabkan kinerja beberapa menteri yang dinilai kurang maksimal di tengah pandemi covid-19.  Bahkan, Jokowi sampai mengancam akan melakukan reshuffle kabinet.  

Baca Juga : Soroti Amarah Jokowi pada Menterinya, Tengku Zul: Pak Presiden Geram? Apalagi Rakyat

 

"Langkah apa pun yang extraordinary akan saya lakukan. Untuk 267 juta rakyat kita, untuk negara. Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran ke mana-mana saya," ujar Jokowi saat itu.

Tak ayal, isu tersebut pun menjadi perbincangan hangat oleh berbagai kalangan.  Salah satunya penulis Maman Suherman atau yang akrab disapa Kang Maman.  

Melalui akun Twitter-nya, Kang Maman mengatakan bahwa dirinya sudah mengusulkan reshuffle sejak Januari lalu.  "Saya menyimak video Bapak Presiden  @jokowi sedang gemas dan marah pada sejumlah pembantu Bapak. Sejak Januari, saya sdh mengusulkan reshuffle, semoga Bapak sekarang melakukannya, dan tidak buang2 energi dengan marah2 lagi, demi Rakyat Indonesia," tulis Kang Maman melalui akun @maman1965.

Ia pun menulis cuitan sembari mengunggah kembali capture cuitannya pada Januari lalu. "Sungguh, saya gak sabar menunggu reshuffle kabinet, Pak @jokowi. Karena tak sedikit yg jalan di tempat dan punya kecepatan yang tak mendukung kecepatan Bapak..." tulis Kang Maman pada 31 Januari 2020.  

Walhasil, cuitan Kang Maman itu langsung menuari berbagai rekasi warganet.  Mereka rupanya juga turut menyoroti video viral Jokowi yang mengancam akan melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju.  

Mereka pun ramai-ramai mengajukan nama Susi Pudjiastuti untuk maju sebagai calon menteri. Diketahui, Susi Pudjiastuti pernah menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan pada periode 2014-2019. Salah satu yang paling dikenang adalah keberanian dan ketegasan Susi untuk menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia.

@QqAndriansyah: "Give me back  @susipudjiastuti dan mentri" gila.. dan pekerja keras lainnya."

@M_Muezza: "Dukung bu  @susipudjiastuti masuk ke jajaran menteri lagi."

@ciptosiman: "Ganti menteri  @kkpgoid, balikin  @susipudjiastuti."

@Rickyesg1: "Bring  @susipudjiastuti back."

Di sisi lain, mereka juga setuju dengan adanya reshuffle kabinet untuk segera dilakukan.  

@Nur167_waw4: "Satuju ....perlu bersih."

@blackcatdeaddet: "Segera laaaahhhh....!!! resapel...!!"

@jalvblve: "Dukung kang setuju bingitt.."