Ilustrasi pasien. (Foto: istimewa)
Ilustrasi pasien. (Foto: istimewa)

Ada penambahan 60 kasus positif Corona atau Covid-19 baru dari tanggal 19 Maret hingga tanggal 20 Maret.

"Sehingga total kasus positif Covid-19 sebanyak 369," kata Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto pada Konferensi Pers di Gedung BNPB, Jumat sore (20/3/2020) dikutip dari rilis resmi Kementerian Kesehatan.

Ada penambahan kasus baru di Kalimantan Tengah. Total penyebaran 369 kasus positif Covid-19 saat ini ada di 17 provinsi.

Sebagai tambahan, kemarin ada penambahan 1 orang pasien sembuh sehingga total 17 pasien sembuh dari Covid-19. Selain itu juga ada penambahan pada kasus meninggal 7 orang. Sehingga total kasus meninggal sebanyak 32 orang.

''Prosedur yang kita lakukan untuk kasus baru begitu hasil lab selesai maka akan langsung dikirimkan ke RS yang merawat pasien yang bersangkutan,'' ujar dia.

Hasil pemeriksaan lab merupakan hak pasien untuk tahu, sehingga dokter yang menjadi penanggungjawab pasien bisa langsung memberi tahu hasil pemeriksaan tersebut kepada pasien.

Hasil pemeriksaan lab juga dikirimkan ke Dinkes setempat. Gunanya untuk melihat identitas alamat pasien dan sebagainya secara lengkap, sehingga bisa digunakan untuk tracing kontak untuk mencari siapa saja yang pernah kontak dekat dengan pasien.

''Ini adalah upaya kita untuk mencari, menemukan dan mengisolasi kasus positif di masyarakat supaya tidak semakin menyebar ke mana-mana,'' kata Yuri.

''Saya ingatkan jaga jarak dalam berinteraksi sosial karena ini adalah cara yang paling efektif cara yang paling mudah dan semua bisa melaksanakannya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya penularan dari orang sakit kepada kita,'' tandasnya kemudian.