Covid-19 (istimewa)
Covid-19 (istimewa)

Setelah salah satu mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) diisolasi di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) karena ditengarai terjangkit Covid-19, penanganan serupa juga dilakukan di Rumah Sakit Tentara (RST) dr Soepraoen, Kota Malang. Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan, di RST terdapat dua orang pasien. 

Menurut keterangan  Kepala RST dr Soepraoen, Wahyu Tangkas Malinrungi, saat ini pihaknya sedang menangani dua orang pasien. "Satu orang menurut ceritanya pernah ada di satu kegiatan yang sama dengan pasien Corona di Solo," ujar Wahyu Tangkas Malinrungi.

Sementara pasien asal Solo yang pernah lakukan kontak dengan suspect asal Malang ini, sudah meninggal dunia karena virus Covid-19. Sebelumnya, pasien tersebut dirawat di RSUD dr Moewardi (RSDM) Solo, Jawa Tengah.

Saat ini, pihak RST sudah melakukan pemeriksaan terhadap dua pasien suspect Corona tersebut dan akan terus memantau perkembangannya. "Kita masih menunggu hasil dari laboratorium Kemenkes RI. Jadi kami belum bisa pastikan apakah pasien ini positif atau tidak," tambahnya.

Tapi lanjut Wahyu, saat ini pasien yang terindikasi suspect Corona itu kondisinya semakin membaik sejak masuk RST Soepraoen Selasa (10/3/2020). Meski begitu, pihak RST Soepraoen tetap belum memperbolehkan pasiennya tersebut pulang sembari menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

"Kami pihak Rumah Sakit tetap tidak memperbolehkan mereka pulang karena tetap harus menunggu hasil pemeriksaan laboratorium, karena takutnya kalau nanti positif kan perlu tindakan lain," ungkapnya.

Untuk diketahui, RST Soepraoen menjadi rujukan pasien suspect Corona di Kota Malang selain RSSA. Di sana terdapat satu ruangan isolasi berjumlah kurang lebih 30 orang.