Wirang Birawa (kanan) di acara bersama Ivan Gunawan dan Ayu Tingting (@wirangbirawa)
Wirang Birawa (kanan) di acara bersama Ivan Gunawan dan Ayu Tingting (@wirangbirawa)

Tahun 2020, banyak paranormal memprediksikan sebagai tahun bencana alam. Tak terkecuali Wirang Birawa, Master Firasat yang sosoknya kerap wara wiri di sejumlah televisi nasional.

Berbagai prediksi adanya bencana alam di Indonesia yang disampaikan Wirang, sempat membuat seorang Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, terperangah juga.

Pasalnya ramalan mengerikan atas bencana alam di Indonesia itu, ternyata sesuai juga dengan prediksi yang diungkapkan BNPB dan BMKG.
Kini, Wirang melalui akun Instagramnya @wirangbirawa kembali menyampaikan firasatnya.

"Indah sekali pulau nya Tapi.....#2020 Tahun genap tanggal tunggal tiga jarum jam berdekatan pada porosnya #poroswaktu," tulisnya sambil menyematkan foto pulau Jawa yang keseluruhannya berwarna putih.

Walau tak ada penjelasan detail terkait firasatnya, melalui foto yang diunggahnya terlihat pulau Jawa seperti ditutupi kabut putih.

Sontak saja banyak pihak yang mengomentari postingan Wirang yang kerap menyampaikan firasatnya itu di media sosial maupun televisi.

Walau belum jelas maksud dari firasat Wirang yang memperlihatkan kepulauan Jawa terlihat ditutupi warna putih serupa kabut itu.

"Saya juga gatau mudah2an cuma perkiraan aja. suami saya juga ada "penglihatan" kalau pulau jawa akan terbelah. tapi ya anggep aja itu cuma sekedar ngira2. tetap yg di Atas yg Maha Tau," tulis akun @gi**na07.

Akun @di*na_diana808080 menuliskan juga dirinya juga bisa melihat sesuatu yang akan terjadi. "Aq jg bisa liat, akan ada 'sesuatu di jawa timur' (surabaya),"tulisnya.

Lepas dari pro dan kontra terkait berbagai ramalan itu, Wirang juga menyampaikan, bahwa dirinya sangat berharap semua firasatnya tak terjadi.

"FIRASAT itu tidak harus dipercayai kalau tidak masuk akal, tapi saat ini kita memiliki teknologi canggih yang juga bisa mendeteksi setiap apa yang terjadi di negeri ini.
Setiap negara-negara besar, bahkan saya memiliki teman di luar negeri yang memiliki kemampuan (indigo) mereka dipekerjakan di negara besar untuk hal-hal seperti ini,” tulisnya saat firasatnya dapat atensi dari Wali Kota Surabaya.

"Dan ingat guys mereka mempercayai bukan FIRASAT saya tapi melihat dari BMKG. Yuk, kita berdoa semoga semuanya tidak terjadi.
FIRASAT lebih dulu menangkap 2020. Bismillah saja. Pointnya ‘CEPAT TANGGAP’,” tulis Wirang.

Sebelum menyampaikan firasat pulau Jawa tertutup kabut putih, Wirang juga sempat memposting berbagai bencana alam yang bisa terjadi di 2020. 

Wirang menyampaikan akan terjadi burung besi jatuh, letusan gunung terbesar sepanjang sejarah, gempa bumi dengan skala 8-9 SR berpotensi tsunami yang menelan banyak korban jiwa.

Wirang juga menyampaikan firasat 2020 di bidang politik. "Wanita sangat tegas cerdas dari Pulau Jawa akan segera memimpin Ibu Kota Jakarta serta pemimpin daerah  banyak tertangkap korupsi," sebutnya.

Di akhir postingan, Wirang menuliskan bahwa yang dia tulis adalah firasat. "Abaikan saja firasat ini," tulisnya di akhir tahun 2019 lalu itu.