Pizza topping rendang. (Foto: istimewa)

Pizza topping rendang. (Foto: istimewa)



Kuliner khas dari Italia, yakni pizza, memang menjadi favorit banyak masyarakat. Namun, pizza kurang nikmat rasanya jika tidak ditambahkan topping.

Biasanya ada topping sosis, pepperoni, paprika, lelehan keju, daging, atau jamur, dan sebagainya. Semua topping ini memang banyak disukai dan sering disajikan sebagai taburan pizza.

Namun ternyata, makanan yang sudah tersebar ke berbagai belahan dunia ini tidak hanya terdiri dari topping yang itu-itu saja. Pizza di beberapa negara disajikan dengan topping yang tidak biasa. Salah satunya yakni topping tinta cumi.

Pizza topping tinta cumi ini berasal dari negara Jepang. Tidak hanya tinta cumi. Pizza ini juga dipadukan dengan udang sehingga rasanya lebih nikmat.

Selain pizza topping tinta cumi, ada beberapa varian topping pizza lainnya yang tidak kalah antimainstream. Berikut topping pizza antimainstream di berbagai negara.

1. Topping Daging Rendang

Indonesia terkenal dengan kuliner rendangnya. Kali ini makanan itu, sesuai dengan namanya, pizza topping rendang ini berasal dari Indonesia. Varian topping rendang ini akan membuat penikmatnya merasakan makanan modern dengan topping kerarifan lokal, yaitu rendang.

2. Topping Racun Hewan

Seorang chef dari Zurich, Swiss, bernama Ismail Ertekin membuat pizza dengan topping racun hewan seperti ular, laba-laba, hingga kalajengking yang telah diubah menjadi ekstrak. Ia percaya bahwa racun ini dapat mengobati ketakutan orang terhadap hewan merayap. Sayangnya, dewan kesehatan Swiss tidak menyetujui dan menganggap hal itu sangat berbahaya. Larangan ini membuat restoran Ertekin tutup.

3. Topping Ikan Sarden

Pizza dengan topping ikan sarden dapat ditemui di negara Rusia. Uniknya, pizza Rusia yang disebut mockba ini disajikan dalam keadaan dingin dengan ikan sarden utuh di atasnya.

4. Topping Daging Kuda

Pada umumnya, daging yang digunakan untuk topping pizza adalah daging sapi. Namun di Denmark, pizza disajikan dengan daging kuda. Daging kuda ini akan diparut layaknya keju yang kemudian ditaburkan di atas pizza. Hanya saja mengonsumsi daging kuda di Denmark adalah hal yang lumrah.

5. Topping Daging Kangguru

Pizza dengan topping daging kangguru ini dapat kita temui jika berkunjung ke Australia. Pizza ini disajikan dengan bumbu barbeque dan irisan daging kangguru di atasnya. Tidak hanya daging kangguru, di sana juga terdapat pizza dengan topping daging buaya.

 


End of content

No more pages to load