Romanesco bentuk sayuran ini seperti bunga dengan warna hijau cerah. (Foto: istimewa)

Romanesco bentuk sayuran ini seperti bunga dengan warna hijau cerah. (Foto: istimewa)



Memiliki banyak kandungan nutrisi, sayuran menjadi salah satu makanan yang harus tersedia di rumah maupun warung makan. Dari beragam jenis sayuran, ternyata masih banyak sayuran belum diketahui masyarakat.

Beberapa di antaranya masih terdengar asing di telinga dan tidak banyak diketahui secara umum. Bentuknya pun unik, mulai dari akar, batang, dan daun.

Berikut enam jenis sayuran unik yang masih terdengar asing.


1. Daikon

Tampilannya sayur daikon ini terlihat menyerupai wortel dengan ukuran lebih besar. Daikon punya cita rasa yang sedikit pedas dan sering ditemui di beberapa masakan Asia.

Kandungan nutrisinya cukup tinggi. Di antaranya vitamin C, tembaga, kalium, dan folat. Sayuran ini bersifat antikanker dan antioksidan karena mengandung senyawa glukosinolat.

2. Romanesco

Bentuk sayuran ini seperti bunga dengan warna hijau cerah. Sayuran ini merupakan varian dari kembang kol. 

Romanesco mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Dii antaranya vitamin C, vitamin K, serat, dan karotenoid. Sayur romanesco ini memiliki beberapa senyawa tanaman yang bisa mencegah kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Mashua

Sayuran ini termasuk jenis umbi-umbian dari Amerika Selatan. Jika diolah dalam makanan, mashua memiliki cita rasa sedikit pedas. Warnanya beragam, seperti kuning, merah, dan ungu. Mashua bisa dijadikan sayuran lalap dan dimakan dalam keadaan mentah. Sayuran ini memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan.

4. Shampire

Shampire sering disebut asparagus laut. Bentuk luarnya terlihat sangat kasar. Biasanya, shampire digunakan sebagai pelengkap sayuran pada hidangan ikan. Di Inggris, shampire sering dijadikan sebagai acar dan ditambahkan ke dalam salad.

5. Yardlong

Yardlong adalah kacang polong hijau dari Asia Tenggara atau dikenal juga dengan sebutan kacang panjang China. Biasanya, sayuran ini dicampur dalam setiap tumis-tumisan. Yardlong mengandung sumber serat, vitamin C, dan vitamin A.

6. Dulse

Dulse adalah rumput laut yang banyak ditemui di Atlantik Utara. Sayuran ini bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, dan paling sering disajikan dalam bentuk sup casserole. 

Dulse sangat baik dikonsumsi karena mengandung vitamin B, serat, dan sumber protein nabati yang tinggi. Bahkan, dulse bisa mengobati sakit gondok karena mengandung banyak yodium.

 


End of content

No more pages to load